Tuesday, 27 October, 2020

Misteri Identitas Lukisan Mona Lisa yang terkenal


Misteri Identitas Lukisan Mona Lisa yang terkenal

Dialeka.com, Jakarta. Perempuan fenomenal yang diberi nama Mona Lisa ini tentunya sudah menjadi sosok yang akrab dengan penglihatan kita. Potretnya sering berkeliaran di kaos, sweater bahkan souvenir-souvenir lucu di etalase pertokoan. Apakah ia seorang selebgram, youtuber, atau model?

 

Lukisan karya seniman Leonardo da Vinci yang dipopulerkan pada abad ke-16 ini kerap menjadi ikon lintas dunia yang tak pernah hilang pamor selama berabad-abad. Meskipun, sosoknya tak pernah berkeliaran di platform anak millenial seperti instagram, twitter ataupun youtube tapi sosoknya selalu menjadi ikon edgy nan rock n roll yang diminati khalayak umum 

 

Mona Lisa sendiri adalah teka-teki yang hidup dalam jiwa da Vinci yang tidak dapat diakses oleh siapapun. Hingga saat ini, sejarawan masih memperdebatkan siapakah sosok yang dilukis oleh da Vinci kala itu.

 

Teori yang paling dipercaya ditulis oleh Giorgio Vasari, seorang penulis biografi seniman yang mengatakan bahwa Mona Lisa tak lain adalah Lisa del Giocondo istri dari saudagar Florentine Francesco di Bartolomeo del Giocondo, Itali. Francesco meminta da Vinci yang saat itu sedang tinggal di Itali untuk melukis istrinya yang sedang hamil kedua.

 

Da Vinci pun mulai melukisnya pada tahun 1503. Namun, lukisan itu justru diselesaikan beberapa tahun setelahnya saat ia di Perancis. Lukisan itu ditemukan bersamanya saat ia meninggal di studionya pada tahun 1519 dengan polesan glasir minyak dan retakan kecil (craquelure) yang muncul hampir di seluruh bagian lukisannya. Oleh karena itu, lukisan karya da Vinci ini kerap disebut lukisan La Giocondo.

 

Teori lain diungkapkan oleh Sigmund Freud, bahwa model itu mungkin adalah ibu da Vinci yang bernama Caterina. Penafsiran itu lahir karena berpikir bahwa senyum misterius sang model muncul dari ingatan da Vinci tentang ibunya yang mungkin tidak ia sadari.

 

Teori lain yang juga banyak dipercaya adalah bahwa lukisan itu merupakan potret diri da Vinci, melihat adanya kemiripan struktur wajah da Vinci dengan model tersebut. Beberapa orang mengatakan bahwa menyamar sebagai seorang wanita adalah teka-teki sang seniman.

 

(LeonardodaVinci.net)

 

Namun, hingga abad ke-21 identitas Mona Lisa belum terbukti secara definitif. Beberapa orang diantaranya bahkan mencari DNA Lisa del Giocondo untuk direka ulang gambar wajahnya. Selain itu, sejarawan seni Silvano Vinceti mempercayai adanya kode rahasia yang berbeda di mata kanan dan kiri lukisan tersebut yang dapat dilihat melalui perbesaran mikroskop dengan resolusi tinggi.

 

Nah itulah beberapa spekulasi identitas yang dipercaya sebagai sosok dibalik Mona Lisa yang terkesan misterius. Apakah kalian mempunyai spekulasi siapa sebenarnya sosok di balik Mona Lisa ini?

 

Penulis:

Nova Fathir, Mahasiswi UIN Syarif Hidyatullah Jurusan Biologi

0 comments on “Misteri Identitas Lukisan Mona Lisa yang terkenal

Leave a Reply

Your email address will not be published.