Monday, 26 October, 2020

Mengenal Covid-19 Dan Upaya Meminimalisir Dengan Cara Sederhana


Mengenal Covid-19 Dan Upaya Meminimalisir Dengan Cara Sederhana

Dialeka.com, Jakarta. Awal tahun 2020 seakan menjadi babak baru bagi dunia kesehatan manusia, pasalnya dalam kurun beberapa bulan ini dunia dikejutkan dengan hadirnya satu jenis virus yang amat sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup manusia. Diketahui pertama kali jika virus ini berasal dari daerah Wuhan, Cina.

 

Virus Corona atau Corona Virus (CoV) merupakan keluarga virus yang menaungi virus SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, SARS-CoV pada 2002, dan MERS-CoV pada 2012. Virus ini diberi nama Covid-19, atau akronim dari Corona Virus Disease-19. Covid-19 merupakan salah satu jenis virus yang proses penyebarannya amat sangat cepat, ketika sudah menginfeksi manusia, penyebaran covid-19 dapat melalui droplet pernapasan. Percikan batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi, droplet tersebut akan menempel di permukaan benda atau kulit manusia, sehingga virus ini dengan cepat berpindah ketika manusia menyentuh benda atau melakukan kontak fisik dengan manusia lainnya yang terinfeksi virus ini.

 

Dalam waktu kurang dari tiga bulan, Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 218.177 orang di 157 negara per Kamis, 19 Maret 2020. mulai dari Asia, Eropa, AS, hingga Afrika Selatan bahkan di Indonesia. Adapun terkait penyebarannya di Indonesia baru diketahui setelah presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang pasien yang positif mengidap covid-19 pada 2 Maret 2020 lalu. 

 

Pemerintah mengumumkan adanya penambahan kasus pengidap covid-19 terus bertambah. Sejak artikel ini ditulis, Kamis 19 Maret 2020. jumlah pasien Menurut juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, saat ini menjadi 311 kasus , sementara yang meninggal mencapai 25 orang di seluruh Indonesia. Adanya penambahan kasus ini, pasien positif Covid-19 yang telah dikorfimasi berasal dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur.

 

Mengenai resiko siapa yang paling berpotensi terinfeksi virus ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melaporkan pada akhir Januari melaporkan, rata-rata orang yang terinfeksi virus ini berada di usia sekitar 45 tahun dan dua per tiganya merupakan laki-laki. Dari data yang dikemukakan WHO tadi, dapat sedikit disimpulkan jika orang tua dan laki-laki rentan terinfeksi Covid-19. Tetapi yang rentan terinfeksi adalah orang yang memang sebelumnya mempunyai penyakit.

 

Untuk saat ini, para ahli kesehatan dunia masih berusaha menemukan vaksin serta cara penanganan yang efektif untuk menghadapi Covid-19. Namun, sampai saat ini, bagaimanapun jenis dan bentuknya secara resmi vaksin tersebut masih belum ditemukan. Salah satu upaya penting yang dapat kita lakukan saat ini untuk menjaga diri dari serangan virus ini adalah dengan mengambil tindakan isolasi.

 

Isolasi juga berarti sosial distancing, menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (AS), isolasi atau social distancing adalah menghindari pertemuan masal dan menjaga jarak 2 meter atau kira-kira satu depa dari orang lain. Di New York City, misalnya, bioskop telah ditutup sementara, banyak konvensi di seluruh dunia dibatalkan, dan seluruh sekolah di AS ditutup. Tentu isolasi tidak akan dapat mencegah 100% penularan, tapi dengan mengikuti aturan sederhana semacam ini, individu dapat memainkan peran penting dalam memperlambat penyebaran virus.

Jika publik secara keseluruhan benar-benar melakukan sosial distancing ini, layanan medis tidak akan kewalahan menangani para penderita. Dengan ini, sebenarnya upaya memperlambat dan mengurangi penyebaran penyakit ini ada di tangan kita masing-masing. Semoga kita senantiasa diberikan keselamatan dan di jauhkan dari serangan virus ini.

 

Penulis:

Nurul Rahman Ilhami, Mahasiswa Filsafat UIN Jakarta

0 comments on “Mengenal Covid-19 Dan Upaya Meminimalisir Dengan Cara Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published.