Thursday, 22 October, 2020

KSBN : Wadah Strategis Pengembangan Kreativitas Seni dan Budaya Indonesia


Wadah Strategis Pengembangan Kreativitas Seni dan Budaya Indonesia

Dialeka.com, Jogja. Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) menggelar acara Rapat Kerja Nasional (Rekernas) ke-II di gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementrian Dalam Negeri(Kemendagri) Yogyakarta. Pada Senin(9/3).  Acara tersebut dihadir langsung oleh Mayor Jendral TNI (Purn) Hendardji Soepandji, untuk berpartisipasi mengenai wacana nilai-nilai budaya Nusantara.

 

“Suata bangsa akan menjadi besar ketika nilai-nilai kebudayaan mengakar ke dalam sendi kehidupan masyarakat,” tutur Hendradji saat memberi sambutan.

 

Hendradji juga mengingatkan, bahwa Modernisasi tanpa filterisasi, dampaknya akan luntur pada nilai-nilai falsafah bangsa. Oleh karena itu, kecintaan masyarakat terhadap budaya (local wisdom), bangsa lenyap dan tergerus.

 

Acara Rakernas ke-II  juga telah merancang rencana strategis KSBN tahun 2020-2024.  sebagai target pengembangan ekosistem kebudayaan, Antara lain, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, Maluku Utara, dan Kalimantan Barat.

 

Lima ekosistem tersebut juga tidak lepas dari kebijakan Pemerintah. “dan kita megeksekusi kebijakan Pemerintah itu,” Terang Hendardji.

 

Peran KSBN

 

Dunia berubah, Indonesia berubah, Kita boleh kehilangan harta, tapi tidak untuk jati diri bangsa Indonesia. Oleh karenanya, Jati diri bangsa termaktub dalam Pancasila. Bahkan saat Rakernas II 2020 bertema “KSBN ikut berperan membangun masa depan peradaban bangsa yang berbasis budaya,” Tegas Hendardji.

 

Program tersebut meliputi rencana digelarnya Festival Seni Budaya Nusantara di kawasan Trowulan, Kabupaten Mojekerto, Jawa Timur, 7-12 November 2020 mendatang. Rencana penyelengaraan pengelaran kegiatan festival, diadakan di Maluku Utara Khususnya di Halmahera Selatan. Menurut rencan, akan digelar di tahun 2021.

 

Dari kegiatan tersebut, Hendardji berharap melahirkan platform kegiatan budaya yang dapat membantu mewujudkan ekosistem kebudayaan dalam lima tahun ke depan.

 

KSBN Wadah Strategis

 

KSBN merupakan organisasi nirlaba di bidang seni dan budaya. Salah satu misionirnya adalah memperkenalkan seni dan budaya Indonesia di forum nasional maupun Internasional. Tujuannya, untuk mewujudkan peningkatan budaya bangsa Indonesia.

 

Organisasi KSBN tidak hanya dibatasi dalam mengusung nilai-nilai budaya bangsa Indonesia : kuliner, seni, musik dan tarian-tarian khas Indonesia. Namun, juga berperan membangun unsur lainnya. Hal itu, mencangkup ilmu pengatahuan dan teknologi dalam menghadapi peruban lingkungan global secara menyeluruh.

 

Oleh karena itu, Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) sangat cocok menjadi wadah strategis untuk pengembangan kreativitas seni dan budaya. Di organisasi ini adalah tempat kongkow, orang-orang sejumlah asosiasi, dan berbagai komunitas yang peduli seni dan budaya Indonesia.(Alim)

0 comments on “KSBN : Wadah Strategis Pengembangan Kreativitas Seni dan Budaya Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.