Thursday, 22 October, 2020

13 Juli 2020, Siswa Di Jakarta Akan Belajar Di Sekolah


Dialeka.com, Jakarta. Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah merencanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat berlangsung di sekolah, setelah kurang lebih dua bulan kegiatan tersebut dilaksanakan melalui sistem online karena maraknya pandemi Covid – 19. Hal ini, akan berlangsung pada 13 Juli dan bertepatan dengan tahun ajaran baru 2020/2021.  

Nahdiana, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengatakan, rencana itu dengan mempertimbangkan kebijakan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat maupun daerah. 

“Hari pertama sekolah dengan mempertimbangkan kebijakan, baik pemerintah pusat maupun daerah, yang kami siapkan 13 Juli,” ujar Nahdiana dalam video rapat pimpinan yang diunggah di akun YouTube Pemerintah Provinsi DKI, Jum’at (15/5).

Dinas Pendidikan, Menurut Nahdiana telah menyusun tiga skema belajar di sekolah yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2020/2021. 

Pertama, hanya sebagian sekolah yang buka dengan semua siswa belajar di sekolah. 

Kedua, hanya sebagian sekolah yang buka dengan sebagian siswa belajar di sekolah. 

Ketiga, semua sekolah buka dengan sebagian siswa belajar di rumah. 

“Kami lakukan ini semua dengan mengikuti kebijakan pemerintah bila PSBB telah dibuka kembali, maka kami bersiap untuk kembali sekolah dengan rancangan-rancangan yang kami buat dengan beberapa alternatif,” kata Nahdiana. 

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempertimbangkan kesiapan fasilitas sekolah dalam meredam penyebaran virus, seperti penambahan tempat cuci tangan.

“Mulai sekarang di tiap sekolah disuruh nambah tempat cuci tangan. Bukan tak mungkin di depan kelas semua ada tempat cuci tangan, yang dulu barangkali kan bisa jadi dua kelas satu tempat cuci tangan,” ujar Anies yang dikutip melalui akun Youtube Pemprov DKI yang diunggah hari ini, Jumat (15/5).

Anies menegaskan, protokol kesehatan di sekolah juga harus memperhatikan physical distancing seperti menjaga jarak antar meja, menyediakan masker, dan hand sanitizer bagi siswa di ruang kelas.

“Memang ini hal baru, tapi insyaAllah good learning. Jadi kita arahkan sebagian sekolah untuk masuk, sebagian sekolah tentu akan bertahan lebih lama,” pungkasnya.

0 comments on “13 Juli 2020, Siswa Di Jakarta Akan Belajar Di Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published.