Wednesday, 28 October, 2020

Mencegah Penyebaran Covid-19, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Menerbitkan Surat Edaran


Mencegah Penyebaran Covid-19, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Menerbitkan Surat Edaran

Dialeka.com, Jakarta. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menerbitkan Surat Edaran yang berisi beberapa instruksi untuk dipatuhi seluruh sivitas akademika dalam mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan UIN. Pasalnya, kasus Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin bertambah, saat ini sudah 117 kasus per hari minggu 15 Maret 2020 dan World Health Organization (WHO) telah mengubah status kejadian infeksi Covid-19 dari Public Health Emergency of International Concern menjadi Pandemi.

 

Surat Edaran tersebut bernomor: B.885/R/HK.00.7/3/2020 Tentang Kebijakan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Terkait Penyebaran Covid-19. Menurut Rektor UIN, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, MA. dalam edaran tersebut mengatakan, mengenai Covid-19 yang semakin meluas, perlu menerbitkan surat edaran Rektor  tentang kebijakan UIN terkait pencegahan Covid19 di lingkungan UIN.

 

” Terkait Penyebaran wabah Corona virus disease 2019(Covid-19) yang semakin meluas, perlu menerbitkan surat edaran Rektor tentang kebijakan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” terang Amany dalam edaran yang diterima Dialeka.com.

 

Ada 16 poin dalam surat edaran tersebut. Beberapa di antaranya adalah mengubah kegiatan belajar mengajar dalam bentuk kuliah tatap muka dengan sistem pembelajaran online atau penugasan, hal ini dimulai dari tanggal 16 Maret hingga  29 Maret 2020, kegiatan ujian dan praktik juga dilakukan dengan bukan tatap muka, sementara untuk persiapan KKN dan praktik lapangan akan diadakan penjadwalan ulang. Bagi mahasiswa yang tinggal di Asrama UIN dan rumah-rumah kost di sekitar Kampus UIN untuk tidak kembali atau pulang ke rumah asal dan tidak mengunjungi keramaian.

 

Amany juga menghimbau seluruh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan UIN untuk menunda atau membatalkan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang menimbulkan terjadinya kerumunan banyak orang sedemikian rupa sehingga tidak memungkinkan dilakukannya tindakan kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi Covid-19. Bahkan Rektor melarang semua pegawainya untuk pergi keluar negeri atau dalam negeri yang wilayahnya terinfeksi Covid-19. bagi yang baru pulang dari luar negeri yang terinfeksi Covid-19 dihimbau untuk melakukan tugas kedinasannya di rumah saja selama 14 hari.

 

Kegiatan wisuda juga diganti dengan pengambilan ijazah di masing-masing fakultas, sedangkan untuk acara proses wisudanya akan diadakan di lain waktu dan menunggu informasi selanjutnya dari pihak kampus.

 

“kegiatan wisuda untuk sementara diganti dengan pengambilan ijazah di masing-masing fakultas, untuk acara proses wisuda akan diadakan menunggu informasi lebih lanjut” tutur Amany.

 

Terkait penerimaan mahasiswa baru, pihak UIN akan menyelenggarakan sesuai protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

 

Dan untuk semua pimpinan fakultas, pascasarjana dan Lembaga Unit-unit diminta untuk menyediakan alat penditeksi suhu tubuh, antiseptik atau sabun cuci tangan di tempat-tempat strategis di lingkungan kampus dan juga menghimbau melakukan penyemprotan desinfektan, rektor juga berharap pihak sivitas akademika dan tenaga kependidikan untuk menyiapkan masker secara mandiri atau gratis.

 

Dalam memperkuat koordinasi, UIN telah membentuk satuan tugas(Satgas) pencegahan penularan Covid-19 dan menyediakan posko informasi terpadu di setiap satuan kerja di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, untuk call canter infeksi Covid19 di RS. Syarif Hidayatullah atau di Fakultas kedokteran UIN Syarif Hidayatullah.

“UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membentuk satuan tugas pencegahan penularan Covid-19 dan menyediakan posko informasi terpadu di setiap satuan kerja di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah, serta call canter infeksi Covid-19 di RS. Syarif Hidayatullah atau Fakultas kedokteran UIN Syarif Hidayatullah,” ungkap Amany.

 

0 comments on “Mencegah Penyebaran Covid-19, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Menerbitkan Surat Edaran

Leave a Reply

Your email address will not be published.