Tuesday, 27 October, 2020

Melakukan Penipuan Di Bukalapak Akan Berurusan Dengan Hukum


Melakukan Penipuan Di Bukalapak Akan Berurusan Dengan Hukum

Dialeka.com, Jakarta. Platform e-commerce, Bukalapak akan melakukan tindakan tegas bagi oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan alat kesehatan yang membuka lapak di platform miliknya.

Kebijakan ini diambil lantaran diketahui ada beberapa penjual di Bukalapak yang menjual alat-alat kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, dan rapid test Covid-19, dengan harga yang sangat tinggi. Padahal, saat ini barang-barang tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam melawan Covid – 19.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menuturkan, akan melaporkan ke pihak kepolisian bagi pedagang yang ketahuan menimbun, melakukan penipuan dan juga bagi yang menaikkan harga alat-alat kesehatan secara tak wajar.

“Kami telah menutup ribuan akun pelapak yang memanfaatkan situasi pandemi ini untuk meraup keuntungan dengan menaikkan harga secara tidak wajar, menjual barang dengan deskripsi yang tidak sesuai, serta memperjual-belikan alat kesehatan yang tidak sesuai aturan BPOM dan Kemenkes. Apabila melanggar hukum, pasti akan kami tindak,” tegas Rahmat secara tertulis, Kamis (2/4).

Pelapak yang terbukti melakukan bentuk penipuan online, penimbun alat kesehatan dan penjual rapid test akan mendapatkan sanksi berdasarkan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara yang dipakai dalam modus penipuan alat kesehatan di Bukalapak, pelapak biasanya melakukan aksi pengiriman barang bodong dan juga melalui phishing.

Phishing sendiri merupakan salah satu metode andalan penipu di tengah timbulnya permintaan tinggi dan kepanikan masyarakat untuk mencari alat kesehatan. Melalui phishing, seorang penipu meminta target untuk memberikan data-data penting di tautan yang tidak resmi dengan berbagai alasan yang berujung dengan peretasan.

 

0 comments on “Melakukan Penipuan Di Bukalapak Akan Berurusan Dengan Hukum

Leave a Reply

Your email address will not be published.