Wednesday, 28 October, 2020

Proyek Aspal Jalan Abal-abal, LSM Ketapang Turun Tangan


Dialeka.com, Madura. Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) wilayah Ketapang menyoroti Proyek pengaspalan jalan yang diduga asal-asalan di dusun Kembang Timur, Desa Ketapang timur Kecamatan Ketapang, pada Jumat (13/03).

Pasalnya, proyek yang baru sepekan selesai, sudah semraut, rusak dan bahkan ditumbuhi rumput dan pengerjaannya dianggap tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

“hingga pekerjaan Pokmas ini tidak sesuai dengan RAB. sehingga pekerjaan yang baru sepekan selesai sudah semraut dan rusak dan ditumbuhi rumput”. Ucap Idi Yanto selaku anggota LSM di bidang Anggaran dan Data.

Idi juga mengatakan bahwa proyek pengaspalan jalan tersebut tercium aroma korupsi dari pihak terkait dan dia juga berjanji untuk menindak lanjuti kasus ini kepihak berwenang.

“Realita dari pekerjaan tersebut tercium aroma korupsi yang diduga hanya mengutamakan ke untungan semata.” Ungkap Idi

“Bahkan saya mempunyai bukti data-data yang kuat, termasuk foto dan video selama masa pengerjaan Pangaspalan yang dibuat abal-abal ini.” Lanjut Idi

Idi sangat menyayangkan sikap konsultan dari proyek ini karena menerima pengerjaan proyek yang abal-alab ini.

Proyek yang dimotori oleh SMR (inesial) itu, menggunakan dana Program Masyarakat (Pokmas) dan di belakang SMR ada STR (inesial) selaku calo Pokmas yang mengendalikan proyek tersebut.

“Itu bukan dari DD/ADD, tapi bantuan pokmas.” Ungkap Abd. Rasid sebagai BPD Kembang Timur.

Selain itu, Abd. Rosid sebagai pemangku kekuasaan di dusun tersebut tidak tahu menahu soal proyek tersebut karena tidak ada koordinasi dari pihak Pokmas dan tidak meminta izin terhadapnya, bahkan Rosid akan mempertanyakan masalah Pokmas ini kepihak terkait.

“saya selaku pemangku kuasa di dusun kembang timur ini tidak tahu menahu dan koordinator Pokmasnya pun tidak minta izin kepada saya. Saya juga akan mempertanyakan masalah Pokmas abal-abal ini kepada pihak-pihak terkait. Jika perlu kami sendiri yang akan mengawal kasus ini.” ungkap Rosid

Proses pengaspalannya juga relatif singkat, karena jalan yang semulanya hanya sirtu lagsung dikasih batu cor dan dibasahi aspal lalu dikasih pasir yang banyak. Sementara tebal aspal ini hanya 1cm dan tidak ada batu dasar dan batu penguat.

0 comments on “Proyek Aspal Jalan Abal-abal, LSM Ketapang Turun Tangan

Leave a Reply

Your email address will not be published.