Monday, 26 October, 2020

Benny Ramdhani Sosok Baru Perlawanan Terhadap Sindikasi Pengiriman Pekerja Migran Indonesia Ilegal


Benny Ramdhani Sosok Baru Perlawanan Terhadap Sindikasi Pengiriman Pekerja Migran Indonesia Ilegal

Dialeka.com, Jakarta- Benny Ramdhani pada Kamis (18/06/2020) saat melakukan audiensi di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengungkapkan ada sekitar 5,3 juta PMI yang berangkat bekerja secara nonprosedural atau ilegal. Hal ini menjadi Salah satu masalah terbesar Indonesia hari ini dengan masih besarnya angka Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal.

Benny Ramdhani merupakan Kepala Badan Perlindung Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang baru saja dilantik Presiden Joko widodo pada 15 Maret lalu. Saat serah terima jabatan Benny Ramdhani dengan tegas bahwa dirinya dan BP2MI mendeklarasikan perang terhadap sindikasi PMI nonprosedural atan ilegal.

Lalu langkah apa saja yang telah dilakukan Benny Ramdhani untuk melindungi Para Pekerja Migran Indonesia (PMI)selaku Kepala BP2MI pada satu bulan ini.

Pada awal juni tepatnya dalam Webinar dengan tema “Menuju Kepastian Perlindungan Pekerja Migran Sektor Perikanan di Korea Selatan” (1 Juni 2020) Benny Ramdhani dan Eva Trisiana (Direktur PPTKLN Kementria Ketenagakerjaan) mendorong agar Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang mengatur tentang ABK atau yang disebut Awak Kapal Migran segera disahkan, karena dalam RPP tersbut BP2MI mendorong adanya pasal yang melibatkan Perwakilan RI di luar negeri dalam melakukan verifikasi perusahaan yang akan menjadi mitra usaha dalam penempatan PMI. Dengan hadinya pasal tersebut dapat menekan permasalahan-permasalahan yang dialami ABK dinegara penempatannya.

Dilain sisi Sinergitas dan koordinasi telah dibangun Benny sebagai salah satu strategi untuk pemberantasan sindikat pengirim PMI Ilegal, terbukti dalam 1 bulan ini beliau banyak berkoordinasi dengan lembaga-lembaga ataupun kemtrian laiinya, beberapa di antranya:

  1. KEMLU (12 Juni 2020)

Modernisasi sistem dan integritas single data Kemlu dengan SiskoTKLN menjadi kekuatan penting BP2MI dalam pencegahan pengiriman PMI nonprosedural.

  1. Komnas HAM (16 Juni 2020)

Hasil pertemuan tersebut untuk melibatkan Komnas Ham dalam satgas pemberantasan sindikasi pengiriman PIM ilegal serta mendorong Polri agar lebih tegas kepada sindikat yang mengirim pekerja migran tetapi prosesnya menyalahi hukum. Tak hanya itu Amiruddin (Komisioner Komnas HAM) juga berupaya untuk dapat berkontibusi besar dalam solusi perbudakan modern (modern slavery) terutama di kapal-kapal.

  1. Nahdlatul Ulama (18 Juni 2020)

Dukungan yag disampaikan langsung Kyai Said Aqil Siradj (Ketua PBNU) merupakan salah satu motivasi serta dapat menjadi stimulus bagi BP2MI. Kyai Said juga memberikan pesan kepada para PMI agar betul memahami adat dan istiadat negara yang akan dituju agar dapat memudahkan mereka dalam beradaptasi nantinya.

  1. Majelis Buddhayana (23 Juni 2020)

Selain menggalang dukungan BP2MI juga akan bekerjasama dengan MBI untuk mengingkatkan kapasitas dalam pelatihan-pelatihan sehingga dapa menghasilkan PMI yang lebih terampil dan pofesional.

  1. Persektuan Gereja Indonesia (PGI)

Dalam kunjungan tersebut Benny Ramdhani menyampain akan menghilang praktik Ijon dan Rentenir yang kerap menjerat pekerja Migran, tak hanya itu PGI juga siap untuk membantu memberantas sindikat pengiriman PMI Ilegal dengan ikut mensosialisai, pelatihan dan juga bantuan advokasi terhadap PMI.

  1. TNI (25 Juni 2020)

Hasil dari audiensi antara Benny Ramdhani dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan dilakukannya operasi terpadu dalam memberantas mafia sindikasi pengiriman PMI Ilegal dengan menggerakan seluruh matra khususnya di daerah-daerah perbatasan dan kantong-kantong potensial PMI.

  1. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (26 Juni 2020)

Hasil pertemuan tersebut BP2MI akan membentuk satuan tugas (satgas) pemberantasan sindikasi penempatan PMI nonprosedural sebagai bentuk pemerdekaan PMI dari praktik oknum sindikasi pengriman ilegal, yang rencananya pada Hari Kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 2020.

Semoga upaya-upaya yang dilakukan Benny Ramdhani dan BP2MI tetap konsisten sehingga dapat memberikan kenyamanan serta perlindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia dan juga dapat memberantas sindikat-sindikat pengiriman Pekerja Migran Indonesia nonprosedural atau Ilegal.

Dilain sisi Bp2mi perhari ini masih memiliki data yang kurang valid tentang jumlah PMI diseluruh dunia, sehingga perlu adanya modernisasi data dengan menerapkan pendataan untuk calon PMI serta PMI yang akan dan telah ditempatkan dinegara-negara yang telah dituju.

Serta bekerja sama dengan Kemenkumham khususnya pada bagian imigrasi untuk pendataan orang yang mengantongi visa turis tetapi sudah lewat masa berlakunya, hal tersebut dapat membantu BP2MI mendeteksi calon atau PMI Ilegal.

0 comments on “Benny Ramdhani Sosok Baru Perlawanan Terhadap Sindikasi Pengiriman Pekerja Migran Indonesia Ilegal

Leave a Reply

Your email address will not be published.