Wednesday, 28 October, 2020

Pelarangan Mudik Sedang Dikaji, Masyarakat Mudik Duluan


Pelarangan Mudik Sedang Dikaji, Masyarakat Mudik Duluan

Dialeka.com, Jakarta. Corona virus disease 2019 (Covid – 19) merebak di sejumlah daerah di Indonesia terkhusus di DKI Jakarta, Jakarta menjadi episentrum Covid – 19 di Indonesia. akibatnya, masyarakat rantau yang ada di Jakarta mencuri start untuk mudik sebelum waktunya. Hal ini diakui oleh pihak Kementerian Perhubungan.

Pihak Kemenhub sedang mengkaji opsi pelarangan mudik demi cegah penyebaran virus corona namun, himbauan untuk tidak mudik pun sudah disuarakan.

Budi Setiyadi selaku Dirjen Perhubungan Darat menyampaikan bahwa peningkatan penumpang di beberapa terminal tipe A di luar Jakarta terjadi mulai tanggal 20 hingga 22 Maret kemarin, para penumpangnya didominasi dari daerah Jabodetabek.

Yang menjadi alasan utama para pemudik menurut Budi karena di Jakarta kegiatan ekonomi ada penurunan sehingga masyarakat lebih memilih mudik dibanding tetap di Jakarta.

” Kami mensinyalir ada mudik yang sebelum waktunya, karena kan kegiatan ekonomi di Jakarta ada penurunan. Catatan kami tanggal 20,21,22 ada lonjakan terminal tipe A di daerah yang datang dari Jabodetabek,” ujar Budi dalam video konferensi bersama wartawan, Jumat (27/3).

Lonjakan penumpang, menurut Budi terjadi di Jawa Tengah, khususnya di Wonogiri, Purwokerto, Solo dan di beberapa tempat lainnya.

” Ada beberapa di Jawa Tengah yang ada lonjakannya, di Wonogiri, Purwokerto, Solo dan beberapa tempat lain. Mappingnya memang banyak yang cenderung balik ke daerah masing-masing,” terang budi.

Sementara, konfirmasi kasus positif Covid-19 di Jawa Tengah mencapai 38 kasus. Dikutip dari Monitoring Data COVID-19 Jateng, Kamis (26/3) sore.

Dari 38 kasus positif Covid – 19 itu sebanyak 4 orang meningga dan 34 pasien lainnya masih di rawat di berbagai rumah sakit di Jawa Tengah.

 

 

0 comments on “Pelarangan Mudik Sedang Dikaji, Masyarakat Mudik Duluan

Leave a Reply

Your email address will not be published.