Wednesday, 28 October, 2020

Soal Corona, Jokowi : Kita Bangsa Besar, Bangsa Petarung


Dialeka.com, Jakarta. Corona virus disease 2019 (Covid – 19)  semakin menjadi kekhawatiran di seluruh dunia, bahkan sudah banyak negara yang mengambil kebijakan lockdown untuk memutus rantai penularan Covid – 19  agar tidak memakan korban lebih banyak lagi.

Di Indonesia, setiap hari kasusnya terus bertambah, saat ini per Selasa 24 Maret 2020 kasusnya sudah mencapai 686. ” penambahan kasus baru 107 kasus. Sehingga total jumlah korban jadi 686 kasus positif Corona,”  kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid – 19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (24 /3).

Sementara, yang meninggal menjadi 55 orang dan untuk yang sembuh menjadi 30 orang.

Lalu, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan yang cenderung sama seperti sebelumnya yaitu Pysical Distancing (jaga jarak fisik) yang hanya merubah dari sosial distancing untuk memutuskan penularan ke orang lain.

” Bapak presiden menekankan agar pysical distancing ini bisa diterjemahkan oleh para gubernur termasuk seluruh pejabat yang ada di daerah dengan jaga jarak, jaga jarak aman, dan disiplin untuk melaksanakannya,” kata Doni dalam konferensi pers, Selasa (24 /3).

Frasa “Pysical distancing”  sebenarnya pergantian dari “sosial distancing”, organisasi kesehatan dunia (WHO) telah menggantinya dengan Pysical distancing, alasannya, seperti yang disampaikan oleh Maria Van Kerkhove selaku pemimpin teknis untuk respon Covid – 19 sekaligus kepala unit penyakit dan zoonoziz di WHO. Dia mengatakan, hal yang bisa dilakukan untuk menghindari dari virus corona yaitu dengan tidak berada di kerumunan atau tempat ramai salah satunya berada di rumah saja dan mengurangi aktivitas di luar rumah, dengan jarak fisik dan orang lain, maka akan mencegah virus menyebar terhadap orang lain.

” namun, menjaga jarak fisik bukan berarti kita memutus hubungan sosial dengan orang yang kita cintai, dari keluarga kita, ujarnya.

Dalam akun Twitternya, Jokowi memberikan apresiasi kepada masyarakat yang turut menyebarkan informasi pysical distancing bahkan, Jokowi mengajak untuk bekerja keras, bersatu dan gotong royong dalam menghadapi virus Covid – 19.

” Kita harus kerja keras, kita harus bersatu dan bergotong royong menghadapi tantangan ini,” ajaknya, Rabu (25/3).

Jokowi juga menyatakan kalau dirinya tidak bosan mengingatkan untuk disiplin dalam menerapkan pysical distancing. Menurutnya, dengan kedisiplinan yang kuat dapat mencegah penyebaran Covid – 19. Dia juga mengajak ” percayalah, kita bangsa besar, bangsa petarung, kita mampu melewati tantangan global yang berat sekarang ini,” pungkasnya. 

 

0 comments on “Soal Corona, Jokowi : Kita Bangsa Besar, Bangsa Petarung

Leave a Reply

Your email address will not be published.