Wednesday, 28 October, 2020

Bulan Sya’ban, Bulan Peduli Sosial


Bulan Sya'ban, Bulan Peduli Sosial

Dialeka.com, Tangsel. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berhasil melihat penampakan hilal penentu awal Bulan Syaban 1441 Hijriah. Dalam siarannya, hilal bulan Sya’ban dapat terlihat oleh tim pengamat hilal BMKG yang berada di dua wilayah di Indonesia, yaitu di Ternate dan Ambon, Rabu 25 Maret 2020.

Lalu, apa itu bulan Sya’ban?
Bulan Sya’ban merupakan bulan ke delapan penanggalan hijriyah sesudah bulan Rajab.

Sementara, menurut Ustad Moh. Bakir, Lc,. MA. Menyangkut penamaan bulan Sya’ban adalah karena di bulan itu orang Arab biasanya berlalu lalang mencari air, pasalnya kondisi pada waktu itu sangat panas, mereka berpencar-pencar mencari air sehingga disebut ” at tasya’ub, Tafarruq” yang memiliki arti “berpencar-pencar” mencari air.

Dia juga mengutip Ibnu Hajar al-Asqalani, bahwa ibnu Hajar mengatakan kalau bulan Sya’ban itu disebut ” At Tajammu’ ” yang punya arti “terhimpunnya” segala kebaikan di bulan Sya’ban, lebih lanjut, sebagai umat Islam di bulan Sya’ban dianjurkan untuk menghimpun amal-amal kebaikan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

” Bulan Sya’ban itu menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani adalah At Tajammu’ yaitu terhimpunnya segala kebaikan di bulan Sya’ban, artinya sebagai umat Islam di bulan Sya’ban dianjurkan untuk menghimpun amal-amal kebaikan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan,” jelas Moh. Bakir kepada Dialeka, Kamis (26/3).

Selain itu, disebut bulan Sya’ban karena Sya’ban bisa memiliki arti masyarakat, yang berawal dari kata Sya’bun artinya masyarakat, rakyat. ” artinya, kalimat ini memberikan isyarat bahwa kita dianjurkan untuk hidup sosial, peduli sosial, perhatian terhadap sosial,”  lanjut lulusan al- Azhar Mesir itu.

Kegiatan Nabi Muhammad SAW di Bulan Sya’ban
Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT. Bulan yang dianjurkan memperbanyak kebaikan.
Kebaikan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW di antaranya memperbanyak puasa, memperbanyak Do’a dan dzikir.

Umat Islam juga dianjurkan untuk melakukan kebaikan-kebaikan sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah. Kebaikan-kebikan yang dilakukan pada bulan Sya’ban itu untuk mempersiapkan bulan Ramadhan yang akan datang.

Keistimewaan Bulan Sya’ban
Keistimewaan pada bulan Sya’ban di antaranya adanya malam nisfu Sya’ban, secara harfiah nisfu yang berarti setengah atau separuh. Di tahun ini malam Nisfu Sya’ban jatuh pada hari Rabu (malam kamis) 8 April 2020.

Malam Nisfu Sya’ban adalah malam di mana amal-amal manusia diangkat, dilaporkan kepada Allah SWT. ” untuk itulah di bulan Sya’ban itu para ulama menganjurkan agar memperbanyak amal ibadah, terutama yang paling penting pada saat malam hari, ini salah satu keistimewaan-keistimewaan yang perlu kita lakukan di bulan Sya’ban,” pungkasnya. 

 

0 comments on “Bulan Sya’ban, Bulan Peduli Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published.