Wednesday, 18 November, 2020

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla Prediksi Covid-19 di Indonesia Berakhir 2022


Dialeka.com – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memprediksi bahwa Indonesia akan pulih secara total dari Covid-19 pada tahun 2022.

Prediksi tersebut, menurut JK, dilihat dari ketersediaan vaksin di Indonesia, yang menurutnya akan tersedia dan siap pada pada pertengahan 2021.

Lalu, setelah vaksin dinyatakan siap, akan melalui proses vaksinasi yang membutuhkan waktu kurang lebih setengah tahun untuk menjangkau 70 persen populasi yang tinggal di Indonesia.

baca juga : Presiden Jokowi Turut Mengecam Presiden Prancis Emmanuel Macron

“Kalau ditanya kapan kira-kira pandemi Covid-19 ini selesai, maka saya perkirakan di Indonesia baru bisa selesai pada tahun 2022,” kata JK, Sabtu 31 Oktober 2020.

“Karena yang bisa menyelesaikan ini hanyak vaksin, dan test klinis vaksin itu baru bisa keluar antara Januari–Februari 2021 dan mulai produksi Maret,” tambahnya.

Menurut JK, negara produsen vaksin seperti China, Inggris, dan Amerika, akan lebih mementingkan negaranya sendiri sebelum melakukan pengiriman ke negara lain, seperti Indonesia.

baca juga : Pempus Tidak Naikkan Upah Minimum, Tiga Gubernur Ini Malah Menaikkan UPM

Sementara pengeriman ke Indonesia dari negara tersebut membutuhkan proses yang panjang.

“Kira-kira nanti vaksinasi bertahap dalam negeri mulai antara Mei dan Juni. Kalau kita melakukan vaksinasi secara besar-besaran dalam artinya 1 juta orang divaksin per-hari maka itu akan membutuhkan waktu 1 tahun,” ungkap JK.

Proses vaksinasi kepada satu juta orang perhari, menurut JK hal itu nampak sulit. Pasalnya, kemampuan test Covid-19 di Indonesia maksimum hanya 30 ribu spesimen per hari.

baca juga : Kopleksitas Permasalahan Pendidikan Tinggi, Jokowi: Saya Paham

Paling tidak, menurut Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu, Indonesia akan mampu melakukan vaksinasi hanya kepada 500 ribu orang setiap harinya.

“Nah untuk itu saya perkirakan kita hanya mampu vaksin 500 ribu orang sehari, maka itu dibutuhkan waktu 2 tahun,” tutur JK.

Dengan demikian, JK meminta kepada relawan PMI untuk lebih diintensifkan dalam melakukan penyemprotan disinfektan untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

“Jujur ini membutuhkan daya tahan kita untuk mengatasi ini untuk itu saya minta agar operasi penyemprotan disinfektan PMI lebih diintensifkan lagi dan masyarakat lebih disiplin lagi untuk mengurangi penyebaran Covid-19,” kata JK.

baca juga : Soal Video Marahnya Jokowi, Amien Rais: Rakyat Makin Marah

Selain itu PMI sudah menyiapkan Unit Donor Darah (UDD) sebagai pos vaksinasi dan juga menyiapkan 230 UDD yang tersebar di Indonesia.

“Dalam upaya pemberian vaksin ini  PMI akan menyiapkan UDD sebagai pos vaksin PMI memiliki 230 UDD dan ribuan tenaga vaksin itu semua akan kita kerahkan untuk mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat,” tutr JK.

0 comments on “Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla Prediksi Covid-19 di Indonesia Berakhir 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.