Monday, 26 October, 2020

Kopleksitas Permasalahan Pendidikan Tinggi, Jokowi: Saya Paham


Kopleksitas Permasalahan Pendidikan Tinggi, Jokowi: Saya Paham

Dialeka.com, Jakarta. Presiden Joko Widodo mengaku memahami berbagai permasalahan yang terjadi di pendidikan tinggi. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka konferensi virtual Forum Rektor Indonesia yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (4/7/).

“Saya paham permasalahan pendidikan tinggi sangat kompleks, saya paham,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku paham ada ribuan anggota forum rektor indoensia dengan kemampuan bervariasi. Ada yang sudah berkomeptisi di kelas dunia, tetapi ada yang masih berjuang dengan berbagai kekurangan.

“Berjuang dengan kekurangan dosen, yang perpustakaannya tidak layak, yang ruang kelasnya tidak memadai, saya paham,” kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta Forum Rektor Indonesia tak hanya menjadi forum komunikasi. Namun forum ini harus dikemas menjadi forum saling peduli dan saling berbagi.

“Yang mampu membantu yang tidak mampu dan yang punya membantu yang tidak punya. Berbagi pengalaman secara daring, berbagi kurikulum dan silabus, berbagi koleksi perpustakaan secara daring, berbagi dosen dan perkuliahan secara daring untuk maju bersama memajukan seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia,” kata dia.

Jokowi juga meminta para rektor bisa memfasilitasi mahasiswa agar bisa belajar kepada siapa saja.

Mahasiswa tidak hanya belajar kepada dosen tapi juga kepada pelaku industri, wirausahawan, praktisi pemerintahan, praktisi hukum dan para pelaku lapangan lainnya.

“Agar mahasiswa bisa menangkap perubahan yang dinamis, perubahan dunia yang dinamis yang dipicu oleh disrupsi dah hiperkompetisi yang terjadi sekarang ini,” ujarnya.

0 comments on “Kopleksitas Permasalahan Pendidikan Tinggi, Jokowi: Saya Paham

Leave a Reply

Your email address will not be published.