Thursday, 19 November, 2020

Sampaikan Pesan Kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron, SBY: Tolong Lebih Arif dan Bijaksana


Dialeka.com – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut memberikan komentar soal penghinaan kepada Nabi Muhammad SAW dengan diterbitkannya karikatur Nabi Muhammad.

SBY juga memberikan pesan Kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait pernyataannya yang mendiskreditkan umat Islam.

“Saya hanya ingin urun rembuk untuk kebaikan bersama, baik untuk masa kini maupun masa depan. Pandangan saya ini sekaligus merupakan pesan kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang saat ini sedang mengemban amanah memimpin bangsa Prancis,” kata SBY dalam video podcas yang diunggah minggu 1 November 2020.

baca juga : Habib Rizieq Syihab Sebut Orang yang Pura-Pura Bijak Saat Nabinya Dihina Adalah Zindiq

SBY mengatakan, dunia Barat dan juga Prancis memiliki pandangan yang bebas dan itu menjadi mutlak tidak bisa dihalangi.

Lebih lanjut, kata SBY, termasuk barangkali kebebasan untuk membuat karikatur Nabi Muhammad SAW, dengan segala olok-oloknya.

“Nah, di sinilah saatnya saya harus berkata langsung (to the point). Hentikanlah membuat karikatur Nabi Muhammad. Sekali lagi, hentikanlah. Tindakan itu sangat melukai, menghina, melecehkan dan bahkan menantang umat Islam di seluruh dunia,” ungkap SBY.

baca juga : MAKI Desak KPK Segera Tangkap Buron Harun Masiku

SBY memberikan pesan kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron agar memimpin lebih arif dan bijaksana.

Menurut SBY, semua bangsa mempunyai hak untuk tinggal di bumi dan semuanya memiliki kesetaraan. SBY berharap tidak ada yang memonopoli kebenaran dengan pandangan yang dilontarkan.

“Anda bisa menjadi pemimpin yang lebih arif dan lebih bijaksana. Tolong imbangi pandangan dan keyakinan Anda, dengan pandangan dan keyakinan pemimpin lain yang berbeda. Ingat, semua bangsa punya hak untuk tinggal dan hidup di bumi ini. Semuanya setara. Tidak boleh ada yang memonopoli kebenaran dan selalu mendiktekan pandangan-pandangannya.” Pesan SBY.

baca juga : Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla Prediksi Covid-19 di Indonesia Berakhir 2022

Selain itu, SBY menyebutkan bahwa terorisme adalah extra ordinary crime dan itu tidak mengenal agama. Begitunya dengan radikalisme.

Dengan demikian, harap SBY, dalam menyangkut keamanan negeri Anda berharap Prancis dibebaskan dari berbagai aksi teror dan kekerasan yang kerap terjadi.

baca juga : Presiden Jokowi Turut Mengecam Presiden Prancis Emmanuel Macron

SBY juga berharap Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard, berkenan mengkomunikasikan inti sari dari pesan dan harapan tersebut.

0 comments on “Sampaikan Pesan Kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron, SBY: Tolong Lebih Arif dan Bijaksana

Leave a Reply

Your email address will not be published.